Jumat, 16 April 2010

Tips“Menghilangkan Sifat Pelupa”

1. Jagalah pikiran anda agar tetap siap
Kekurangan tidur, stres, jenuh, tidak ada aktivitas dan alkohol merupakan musuh bagi memori saudara-saudara, oleh karena itu stimulus intelektual menjadi kunci meningkatkan daya ingat. Membaca, mengerjakan teka teki silang, merencanakan perjalanan menyenangkan, melakukan hobi atau belajar skil baru seperti komputer dan bahasa asing bisa sangat membantu menajamkan memori.

2. Berinteraksilah
Penelitian menunjukkan semakin banyak seseorang berinteraksi sosial, semakin kecil mereka mengalami kerusakan fungsi kognitif. Berhubungan sosial dengan teman dan keluarga bisa membantu anda sembuh dari penyakit lupa.

3. Makanlah makanan peningkat daya ingat
Ini mungkin tidak termasuk dalam latihan mental, tetapi wortel mentah dan buah-buahan segar merupakan makanan yang memiliki peran besar menstimulus fungsi otak seperti daya ingat. Gula alam yang terkandung dalam buah-buahan sebenarnya dapat membantu kita berpikir dan mengingat kembali informasi lebih cepat.

4. Berolahragalah
Olahraga aerobik seperti berenang, jalan kaki dan sepeda dapat memompa oksigen ke dalam otot dan meningkatkan aliran darah dalam otak sehingga hasilnya otak lebih mudah mengingat sesuatu.

6. Siapkan agenda atau organizer selalu didekat dengan anda Segeralah menulis segala hal penting bagi anda termasuk tanggal, sesuatu yang perlu dilakukan dan lain-lain sebelum anda lupa.

7. Dengar baik-baik informasi yang penting Buatlah catatan kecil untuk anda mengingat apa yang terkait. Kembali sisihkan waktu untuk menuliskannya jika anda perlu.

8. Jika anda harus mengembalikan sesuatu atau memberi seseorang sesuatu, simpan ditempat yang selalu anda lihat atau dekat sesuatu yang setiap hari anda bawa, seperti kunci mobil.

0 komentar:

Posting Komentar